Informasi yang Harus Dicantumkan dalam Membuat Desain Kartu Nama

post by admin on Oct 10th, 2018 under kartu nama desain kartu nama id card design best id card desaign

Desain kartu nama yang baik tidak hanya memuat informasi kontak Anda, namun juga dapat meningkatkan peluang Anda dalam menjalin relasi kerja. Karena itulah peran kartu nama secara fisik cukup penting. Terutama jika Anda memiliki profesi yang mengharuskan Anda bertemu langsung dengan relasi bisnis dan klien-klien.

Ciri-Ciri Kartu Nama yang Bagus


Memuat Informasi yang Benar dan Akurat


Sebuah desain kartu nama bisa dikatakan bagus jika menyampaikan informasi yang benar mengenai profil serta pekerjaan Anda. Selain itu, cara penyampaiannya pun mengesankan, kuat dan bermakna. 

Jadi informasi tersebut benar-benar mencantumkan data yang paling baru. Bahkan jika Anda baru pindah rumah sebaiknya ganti kartu nama Anda dengan mencantumkan alamat rumah baru Anda.

Memiliki Desain Khusus yang Menarik


Anda bisa mulai dengan membuat desain kartu nama yang berkualitas tinggi, atau menggunakan desain khusus. Desain tersebut menjadi pondasi yang penting dalam merancang kartu nama. Jika Anda sudah memilih desain yang bagus, maka selanjutnya tinggal menyesuaikan isi dari kartu nama tersebut. Langkahnya tidak lain dengan mencantumkan informasi penting tentang data diri Anda.

Informasi Apa Saja yang Harus Dicantumkan pada Kartu Nama?


Logo dan Slogan Perusahaan


Jika Anda bekerja di perusahaan maka sangat penting bahwa logo dan slogannya tercantum pada kartu nama Anda. Hal tersebut karena kartu nama Anda harus menyampaikan identitas bisnis Anda, sehingga siapapun yang melihat kartu nama tersebut langsung mengenali perusahaan Anda. Sama halnya jika Anda seorang freelancer maka cantumkan logo personal brand Anda pada desain kartu nama.

Nama Lengkap dan Posisi Jabatan


Tentu ini menjadi syarat yang tidak boleh dilewatkan. Meski demikian, kenyataannya masih ada saja orang yang melakukan kesalahan. Contohnya, sebutkan nama lengkap Anda dan bukan nama panggilan. Kalaupun ingin mencantumkan nama panggilan bisa Anda letakkan pada bagian akhir informasi kontak Anda. Sementara untuk informasi jabatan atau pekerjaan juga penting untuk dicantumkan sejelas-jelasnya.

Informasi Kontak yang Bisa Dihubungi


Informasi kontak adalah poin paling penting dalam sebuah desain kartu nama. Jika Anda ingin customer menghubungi Anda maka berikan informasi mengenai kontak Anda. umumnya informasi tersebut adalah nomor telepon pribadi, nomor telepon perusahaan, alamat perusahaan, alamat rumah, serta email pribadi Anda. Perhatikan juga agar tidak sampai keliru mengetikan informasi atau typo.

Situs Web Pribadi Anda


Situs web pribadi menjadi salah satu kebutuhan bagi Anda yang ingin membangun personal brand secara profesional. Pada desain kartu nama Anda cantumkan alamat situs web Anda. Masyarakat sekarang akan jauh lebih tertarik dengan situs web Anda tersebut, sehingga mereka akan mencarinya di internet. Tentu ini bisa menjadi nilai tambah untuk prospek bisnis Anda secara pribadi. 

Profil Media Sosial


Yang tidak kalah penting adalah mencantumkan profil media sosial pada desain kartu nama Anda. Media sosial telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis, baik itu bisnis secara fisik maupun online. Jadi, jika Anda tidak memiliki media sosial atau tidak menunjukkannya, maka hal tersebut dapat menurunkan minat customer. Anda bisa mencantumkan profil media sosial yang aktif Anda gunakan saja pada kartu nama.

Memesan Kartu Nama


Jika seluruh informasi tersebut sudah Anda persiapkan, kini tinggal memilih percetakan yang dapat membuatkan kartu nama berkualitas sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Langkah ini cukup penting mengingat tidak semua percetakan bisa cocok dengan selera Anda.