Tips Seru dan Kreatif Membuat Contoh Kartu Nama untuk Bisnis

post by admin on Oct 9th, 2018 under tips kartu nama desain kartu nama kartu nama yang menarik kartu nama id card

Kartu nama menjadi kebutuhan dalam lingkup bisnis profesional. Terutama untuk memuat informasi kontak Anda. Contoh kartu nama yang baik tentu langsung meninggalkan kesan bagi customer setelah melihat dan membacanya. Untuk itulah, kali ini kita akan membahas tips kreatif dalam membuat kartu nama yang menarik.

Tips Membuat Kartu Nama yang Menarik


Menentukan Bentuk Kartu Nama


Kartu nama yang bentuknya persegi panjang dengan ujung-ujung lancip sudah biasa. Memang kartu nama ini terlihat rapi, ringkas dan sopan. Namun di jaman yang semakin modern ini Anda bebas memilih bentuk kartu nama, bahkan tidak harus simetris. Contoh kartu nama unik antara lain berbentuk botol jika Anda bekerja di perusahaan penjual minuman. Masih banyak contoh bentuk lainnya yang sama-sama unik.

Menentukan Ukuran Kartu Nama


Selanjutnya adalah menentukan ukuran kartu nama tersebut. Umumnya sudah ada standar dari perusahaan tempat Anda bekerja. Namun jika Anda membuat contoh kartu nama untuk pribadi atau untuk bisnis baru Anda, maka Anda dapat menentukan standar ukuran yang dikehendaki. Yang penting diingat yakni sangat baik jika ukuran kartu nama tersebut cukup untuk dimasukkan ke dalam dompet.

Cantumkan Logo dan Grafik Lainnya


Kini Anda bisa merencanakan elemen visual untuk desain kartu nama Anda. Tentu saja yang terpenting adalah logo perusahaan atau personal brand Anda. Logo tersebut selayaknya akan menjadi pusat perhatian. Di samping itu, desain contoh kartu nama modern umumnya memanfaatkan kedua sisinya. Jadi, selain informasi kontak di satu sisi, pada sisi satunya juga disertakan gambar logo agar lebih eye-catching.

Mencantumkan Informasi Penting


Informasi pada kartu nama Anda tergantung kepada Anda. Contoh kartu nama untuk seorang freelancer biasanya tidak perlu mencantumkan alamat, namun cukup email dan telepon saja. Tetapi, jika Anda memiliki tuntutan profesi untuk bertemu langsung dengan klien atau rekan bisnis, maka sangat perlu mencantumkan informasi lengkap mulai dari nama, jabatan, alamat kantor, alamat rumah dan kontak untuk dihubungi.

Memilih Ukuran dan Jenis Huruf


Jika sudah mengatur semua yang disebutkan tadi, hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah tipografi. Artinya, Anda perlu menentukan jenis huruf untuk teks pada kartu nama, beserta ukuran hurufnya. Contoh kartu nama yang baik tidak hanya menggunakan huruf yang artistik, namun yang terpenting mudah dibaca. Tidak akan berarti kalau huruf kartu nama Anda sangat artistik namun orang sulit membacanya.

Menentukan Jenis Finishing Kartu Nama


Setelah semuanya dipersiapkan, untuk langkah terakhir Anda tinggal menentukan akan memakai finishing yang seperti apa. Hal ini bertujuan untuk memberikan ‘efek khusus’ pada kartu nama Anda. Tujuannya agar kartu nama Anda lebih meninggalkan kesan. Contoh kartu nama yang menggunakan finishing khusus di antaranya huruf dicetak mengkilap, huruf cetak timbul, tekstur dop untuk kartu nama, dan sebagainya.

Memeriksa Kembali Sebelum Dicetak


Mungkin hal yang satu ini terasa sepele namun sebenarnya sangat penting. Kesalahan satu huruf saja dalam kartu nama akan memberikan pengaruh yang sangat besar. Oleh karena itu, sebelum Anda mengiyakan kartu nama tersebut untuk dicetak, periksa kembali seluruh tulisan, gambar, logo dan lain-lain agar tidak terjadi kesalahan.

Memilih Desainer dan Percetakan


Ini merupakan langkah paling akhir dalam mencetak contoh kartu nama yang sudah Anda rancang desainnya. Desainer sekaligus percetakan yang bagus akan memberikan hasil optimal untuk kartu nama Anda.