Direct To Card Printer VS Re-transfer Printer, Pilih Yang Mana Ya?

post by admin on Aug 18th, 2018 under card printer
Dalam dunia seputar teknologi card printers atau printer kartu dikenal dua jenis alat yang sering dipakai yaitu Direct-to-Card Printing (cetak langsung ke kartu) dan Re-Transfer Printing (dicetak terlbeih dulu pada ribbon kemudian di press ke kartu). Prinsip dasarnya sama dengan printer umumnya hanya menggunakan media plastik. Kartu Plastik melewati thermal printhead bersamaan dengan ribbonnya.

Sekilas produk akhir terlihat serupa, namun tentu kualitas cetakan seperti kualitas ketajaman warna dan presisi cetakan jelas berbeda. Namun mari kali ini kita lihat teknologi di balik kedua jenis mesin cetak kartu ini, dan apa artinya bagi konsumen.

Metode cetak Direct to card (DTC) telah ada sejak lama, jauh lebih lama daripada Re-transfer Printing. DTC adalah teknologi yang paling umum digunakan dalam usaha percetakan ID card yang mana printhead mencetak gambar langsung ke permukaan kartu plastik.

Card Printer melakukan ini dengan cara memanaskan pita cetak khusus (ribbon) di bawah kepala cetak termal, satu warna pada satu waktu menggunakan variasi pita YMCK, sehingga transfer warna dari pita langsung ke kartu kosong. Hal ini dinilai cukup andal, dan seringkali kali lebih murah daripada re-transfer printer. Namun kualitas cetakan dinilai kurang cerah alias lebih redup.



Metode cetak Re-Transfer , atau terkenal pula dengan istilah Reverse Transfer Printing, adalah proses dua langkah yang mentransfer gambar yang diinginkan ke film sebelum menerapkannya pada kartu. Pertama, gambar dicetak secara terbalik langsung ke lapisan film yang jelas. Kemudian kepala cetak memanas dan mengirim film yang dicitrakan ke permukaan kartu dengan menerapkan panas dan tekanan.

Proses transfer ulang dua langkah ini menciptakan citra gambar yang presisi di tepi (tidak ada garis putih di sekitar tepi). Hasil gambar berkualitas tinggi pada kartu PVC dan jenis kartu lainnya. Jenis printer ini biasanya lebih mahal dari pada jenis DTC, namun menghasilkan cetakan berkualitas tinggi serta memiliki kelebihan lain yaitu garansi printhead seumur hidup.

Kelemahannya adalah proses cetak lebih lambat karena langkah ekstra dengan pita. Alat ini juga meminta Anda untuk menggunakan kartu PVC komposit karena panas tinggi yang digunakan untuk menerapkan film.



Tentunya para konsumen akan dihadapkan dua pilihan ini. Mengejar kualitas cetakan dengan biaya lebih mahal atau biaya yang lebih rendah dengan kualitas standar. Kembali lagi pada budget dan tujuan yang ingin dicapai.