Apa saja sih teknologi AIDC?

post by admin on Aug 16th, 2018 under aidc
Hallo semuanya, bagi kalian yang ingin memulai bisnis, atau ingin mengembangkan bisnis menjadi lebih maju dan efisien, akan kami infokan seputar teknologi yang harus kalian tahu dan aplikasikan ke dalam bisnis. Memang tidak bisa dipungkiri, kemajuan bisnis di Indonesia semakin baik, dibuktikan dengan lahirnya para pengusaha-pengusaha baru. Mereka punya mimpi besar dan juga kemauan yang kuat untuk berkembang. Terlepas dari itu semua, jika Anda ingin mengembangkan bisnis lebih besar lagi ada satu hal yang perlu di ketahui.

Hal tersebut adalah teknologi AIDC, teknologi Automatic Identification Data Capture (AIDC) sangat berperan penting bagi semua bisnis. Teknologi AIDC sangat diperlukan bagi kelangsungan bisnis, karena AIDC dapat memberikan efisiensi waktu, AIDC bisa mengumpulkan data secara otomatis dan membacanya, lalu di masukan ke dalam sistem komputer tanpa perlu proses lama dalam menginput. Pengumpulan datanya ini akan secara otomatis membaca serta mengenali barang yang secara langsung teridentifikasi pada database produk keseluruhan.

Nah bagi kalian yang penasaran kenapa sih AIDC merupakan solusi untuk bisnis, akan di bahas sebentar lagi ya. Sebelumnya kita harus mengerti dulu, apa saja yang termasuk Automatic Identification Data Capture (AIDC).

Barcode

Hal ini adalah yang paling umum di ketahui oleh masyarakat, dan barcode ini sudah menjadi keharusan bagi kalian yang memiliki bisnis retail. Kenapa begitu, karena proses input data dari barang yang di ambil oleh customer akan dengan mudah di deteksi oleh barcode scanner. Barcode yang di tempel  pada produk akan di identifikasi oleh barcode scanner. Barcode juga dapat di terapkan pada barang-barang yang ada di gudang penyimpanan, ketika barang akan di pindahkan dari gudang dan di scann barcodenya akan otomatis terupdate pada database barang keseluruhan.

Magnetic Stripe

Merupakan kartu yang fungsinya sama dengan barcode, yaitu dapat menyimpan data, dan data tersebut dibentuk menjadi daya magnet yang kecil dan berbentuk seperti pita hitam. Teknologi ini seperti yang ada pada kartu ATM, kartu kredit, dan beberapa tiket transportasi. Keunggulan kartu jenis ini ialah bisa di gunakan untuk alat pembayaran elektronik di beberapa merchent yang terdapat alat yang support dengan kartu tersebut. Bagi kalian yang memiliki bisnis, bisa menggunakan alat EDC dari perbankan untuk melancarkan transaksi customer yang menggunakan kartu debit dan kartu kredit di tempat kalian.

RFID

Radio Frequency Identification yang dalam bahasa Indonesia Identifikasi Frekuensi Radio merupakan transponder untuk menerima data dan menyimpan dari jarak yang jauh. Beberapa kelebihan teknologi ini adalah data yang ditampung lebih besar, ukurannya cenderung kecil, identifikasi data mudah, cepat dalam membaca data yang ada.