9 Komponen ID Card yang Wajib Ada pada Kartu Pengenal Karyawan

post by admin on Oct 5th, 2018 under id card kartu tanda pengenal id card karyawan design id card

Keberadaan ID card dalam sebuah perusahaan memiliki fungsi yang esensial, baik untuk pegawai maupun bagi atasan. Kartu ini akan menjadi tanda pengenal sekaligus pemberi informasi jabatan yang praktis di tempat kerja. Ia pun bisa dijadikan alat keamanan dan alat eksklusif untuk mengakses beberapa area di kantor. Lantas, konten atau komponen apa saja yang wajib ada pada kartu tersebut?

Pastikan 9 Hal Ini Ada pada ID Card Anda



1. Foto Karyawan


Komponen ini adalah hal pertama yang menjadi standar dari sebuah kartu pengenal. Foto harus ditaruh di bagian depan kartu dan gampang dilihat. Fungsi dari foto karyawan ini adalah sebagai alat identifikasi pegawai yang paling kredibel. Ia bahkan hampir sama seperti informasi sidik jari yang unik alias berbeda-beda di setiap individu.  

2. Logo Perusahaan


Komponen selanjutnya yang harus tercantum pada ID card adalah logo perusahaan. Tujuannya tentu saja untuk memperlihatkan profesionalitas dan eligibilitas perusahaan. Pastikan logo perusahaan dibuat menarik, jelas, dan mempunyai tampilan yang elegan. Nantinya, warna dan desain kartu juga harus konsisten dengan kenampakan logo perusahaan agar tidak terlihat mismatched.

3. Informasi Personal


Berhubung sebuah ID card tidak memiliki ukuran yang terlalu besar, maka pastikan informasi personal yang tercantum tidak berlebihan. Yang paling penting adalah informasi nama, jabatan, dan nomor pegawai. 

4. Kode Data


Di jaman yang serba canggih ini, sudah banyak inovasi ID card yang terintegrasi dengan informasi kode data. Sebut saja pemasangan kode data ala barcode, RFID tag, hingga chip pintar. Fitur-fitur tersebut berguna sebagai penyimpan informasi pegawai hingga alat identifikasi untuk mengakses bangunan perusahaan. Dengan begini, keamanan perusahaan otomatis lebih terjaga. 

5. Tanda Tangan


Guna menambah otentisitas kartu pengenal, Anda bisa menambahkan komponen tanda tangan pegawai pada kartu tersebut. Hal ini juga bisa dijadikan sebuah aturan keamanan, di mana tanda tangan yang dibubuhkan pegawai harus identik seperti yang tertera di kartu pengenal. 

6. Sekuritas yang Lebih


Masih belum puas dengan tingkat keamanan kartu pengenal pegawai yang Anda buat? Anda bisa menambahkan nilai sekuritas yang lebih terhadap kartu karyawan Anda. Caranya bisa dengan menempelkan sidik jari pegawai atau memberikan lapisan hologram pada kartu. Kedua cara tersebut akan meminimalisir aktivitas penggandaan kartu pengenal oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

7. Bahan yang Kuat


Agar ID card  tak gampang rusak, maka Anda wajib memilih bahan kartu yang awet dan tahan dari berbagai gangguan. Contoh rekomendasi bahan yang baik adalah bahan PVC atau plastik yang bisa tahan hingga lima tahun lamanya. Hindari penggunaan bahan kertas sebagai bahan baku kartu tanda pengenal. Pasalnya, bahan ini mudah sobek, tak tahan air, dan mudah pudar.

8. Bentuk Kartu


Pada umumnya bentuk kartu pengenal perusahaan adalah persegi panjang. Posisinya bisa dalam posisi vertikal atau horizontal. Nah, ada kalanya Anda harus mempertimbangkan bentuk posisi kartu tanda pengenal ini. Jika kartu tanda pengenal dipakai pegawai setiap mereka menemui pelanggan, maka bentuk kartu disarankan bisa memuat beberapa informasi marketing perusahaan.

9. Desain Kartu


Desain kartu harus tampak atraktif tapi tetap bersifat fungsional. Pilihlah desain kartu yang sesuai dengan kepribadian perusahaan. Selain itu, lewat desain dan grafis yang tepat, Anda bisa secara tak langsung menyampaikan pesan mengenai perusahaan Anda. Sebagai contoh, perusahaan Anda berkecimpung di dunia jual beli kain batik. Maka disarankan agar kartu diberi desain motif batik tertentu.

Untuk informasi lebih lanjut perkara seluk beluk teknologi ID card, silahkan baca selengkapnya di Dedei.id. Situs Dedei dikelola oleh Hoan Dedei yang merupakan seorang AIDC expert. Sehingga, informasi yang disajikan pun sudah pasti berguna untuk aneka permasalahan Anda yang terkait dengan dunia teknologi.