Contoh ID Card Terbaik Harus Memuat 5 Hal Penting Ini

post by admin on Oct 25th, 2018 under id card desain id card qr code aidc

Ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan atau instansi, keberadaan kartu identitas alias ID Card adalah hal penting. Selain sebagai pengenal, ID Card juga menjadi simbol kebanggaan karena bekerja di sebuah perusahaan atau instansi tertentu. Hanya saja tak semua contoh ID Card ternyata layak dianggap sebagai kartu identitas yang sempurna. Karena rupanya dalam ID Card, ada beberapa hal yang wajib disematkan.

Beberapa hal itu dirasa sangat penting karena akan semakin memperkuat si pemilik identitas sekaligus perusahaan yang menaunginya. Untuk itulah jika Anda seorang pemilik bisnis dan ingin memberikan kartu identitas pada seluruh pegawai, beberapa hal penting berikut ini harus disematkan. Jika Anda masih bingung, beberapa contoh ID Card dengan hal-hal penting berikut ini layak untuk jadi referensi.

Hal-Hal Penting Yang Wajib Ada di ID Card

Logo

Logo perusahaan atau instansi adalah hal yang sangat penting dan wajib ada dalam sebuah ID Card. Entah perusahaan Anda ini masih skali kecil, rintisan atau sudah skala besar dan multinasional, logo wajib dimiliki. Dengan logo yang disematkan dalam ID Card, maka itu akan memperkuat brand usaha yang Anda kelola sekaligus membuat orang lain penasaran.

Identitas Singkat, Padat, Jelas

Coba perhatikan di hampir seluruh contoh ID Card, pasti ada yang namanya informasi si pemilik identitas. Tak perlu bertele-tele, identitas yang ditulis harus singkat, padat dan jelas. Misalkan nama si pegawai, nama perusahaan dan kontak yang dihubungi. Model informasi yang seperti ini akan membuat ID Card terlihat begitu lengkap, bertanggung jawab dan profesional.

Warna dan Pilihan Font

Jangan remehkan perihal warna dan pemilihan font untuk ID Card yang ternyata bisa berpengaruh ke kredibilitas perusahaan. Banyak contoh ID Card yang dibuat dengan warna putih, abu-abu dan hitam karena ketiga warna ini memang sangat netral dan mudah dikombinasikan dengan logo serta tulisan. Begitu pula dengan perihal jenis font, jika ingin terlihat mudah dibaca pakai font yang normal seperti Serif.

Desain dan Bahan Kartu

Ada baiknya jika Anda memilih sebuah desain ID Card, gunakan desain timbul atau embos supaya jika disentuh ada motif yang bikin makin cantik. Namun desain timbul ini jelas juga harus disesuaikan dengan bahan kartu. Jangan ragu untuk meminta contoh ID Card yang lain dari pihak penyedia jasa pembuatan ID Card supaya bisa menentukan bahan kartu entah Mohawk option, art paper, linen jepang atau BW.

Tambahan Kode QR

Perkembangan teknologi yang sudah serba digital juga telah terjadi dalam hal ID Card. Agar perusahaan Anda mudah diakses kontaknya, sediakan kode QR dalam setiap ID Card. Beberapa perusahaan besar dan bonafid sudah menggunakan hal ini supaya makin tampak elegan dan kredibel serta terlihat benar-benar profesional pun modern.

Nah, jika Anda sudah tahu betul beberapa hal penting yang ada dalam sebuah contoh ID Card berkualitas, maka kini tinggal menentukan sosok profesional yang bisa menjadi rujukan teknologi QR Code. 

Lewat blog pribadi ini, Saya akan membahas mengenai seluk-beluk AIDC yang sangat termasuk perihal QR Code. Untuk itulah jika Anda ingin membuat ID Card perusahaan tampak semakin profesional, Anda dapat membaca berbagai artikel seputar AIDC pada website ini. Jadi tunggu apalagi? Ciptakan ID Card perusahaan sebaik mungkin agar bisa menjadi contoh ID Card berkualitas bagi pelaku bisnis lainnya.

Author: Hoan Dedei - pengusaha sekaligus pakar bidang AIDC (Automatic Identification and Data Capture).