Cara Membuat Kartu Nama Ini Sangat Menarik Loh

post by admin on Oct 25th, 2018 under kartu nama id card

 Membuat kartu nama memang menjadi pekerjaan yang sederhana, namun faktanya banyak orang yang masih belum tahu cara membuat kartu nama. Nah sebenarnya jika dipelajari, membuat kartu nama sangatlah mudah. Bahkan meskipun Anda tidak mempunyai perangkat lunak khusus membuat kartu nama, Anda masih tetap bisa membuatnya.

Lalu bagaimana cara membuat kartu nama tersebut tanpa menggunakan aplikasi perangkat lunak handal mengenai kartu nama? Berikut ini penjelasan mengenai cara membuat kartu nama hanya dengan Microsoft word. Di dalam Microsoft sudah tersedia alat-alat yang diperlukan untuk membuat kartu nama. 

Cara Membuat Kartu Nama Menarik Dengan Microsoft Word


Mempersiapkan File

Untuk membuat kartu nama, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih custom untuk kartu nama yang akan dibuat. Selanjutnya klik layout, pilih size, dan pilih more paper size. 

Langkah selanjutnya, pilihlah ukuran tinggi (Height) menjadi 3.78 inches dan Lebarnya (Width) 2.4 inches. Ukuran tersebut yang nantinya akan menjadi kartu nama berukuran 9 x 5.5 cm. Anda bisa menambahkan ketebalan pinggiran atau Bleed setebal 0.3 cm di setiap sisinya.

Membuat Bleed dan Margin yang Aman

Langkah selanjutnya untuk membuat kartu nama yaitu beralih ke pengaturan Bleed dan Margin. Cara membuat kartu nama dengan Microsoft word ini tidak memiliki pengaturan Bleed, sehingga Anda perlu mengatur ukuran Bleed dan Margin secara langsung menjadi 0.24 inches dan 0.6 centimeters. 

Kartu Nama Bagian Depan

Jika sudah terbentuk background dasarnya, saatnya membuat dan menambahkan latar belakang agar kartu nama terlihat menarik. Jika Anda akan menggunakan gambar, pastikan ukuran gambar sekitar 300 dpi. 

Hal ini diperlukan agar gambar yang diaplikasikan dalam kartu nama terlihat bagus. Untuk desain selanjutnya, Anda bisa meng-klik insert, pilih shapes, kemudian pilih rectangle.

Dengan shapes tersebut, Anda bisa menutupi semua area dengan cara memilih gambar dan dibarengi dengan menekan shift. Anda juga bisa memasukan gambar lainnya dengan cara pilih menu insert, kemudian pilih picture, dan pilih select your logo. Pada logo yang dimasukan, klik kanan dan pilih “in front of text” agar gambar berada di depan dan mudah dalam pengeditan.

Cara membuat kartu nama juga dapat ditambahkan textbox untuk menambah informasi seperti nama perusahaan atau nama lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan slogan agar terlihat lebih menarik.

Kartu Nama Bagian Belakang

Pada belakang kartu nama, biasanya terdapat Informasi kontak seperti nama, alamat email, telephone, dan informasi lainnya mengenai instansi yang terkait. Pastikan Anda memberikan ruang di setiap bagian ujung sekitar 0.6 cm pada margin, ini berguna agar kartu nama tidak terpotong saat dicetak.

Menyimpan File

Cara membuat kartu nama pada tahap yang terakhir yaitu menyimpan. Apalah guna kita repot-repot membuat dan mendesain kartu nama tapi tidak di simpan. Simpanlah desain kartu nama yang telah Anda buat ke dalam format PDF. 

Anda dapat melakukannya dengan cara meng-klik ikon file, kemudian pilih save as, tulis nama file yang akan disimpang, dan yang paling penting pilih format PDF. Kemudian klik simpan.

Dari cara-cara yang telah dijelaskan diatas, akhirnya Anda bisa membuat kartu nama dan tinggal mencetaknya. Untuk mencetak kartu nama sendiri, pastikan menggunakan kertas yang berkualitas. Pilih kertas berwarna putih dan tekstur kertas yang bagus. Setelah selesai dicetak, gunakan alat pemotong khusus untuk memotong kartu agar hasilnya lebih sempurna.