Bermacam Manfaat yang Didapat Pengusaha dengan Memakai EDC

post by admin on Oct 26th, 2018 under edc kartu kredit kartu debit kartu pembayaran keamanan

Pembayaran tidak saja bisa dilakukan dengan uang tunai tapi juga bisa menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Alat yang dibutuhkan untuk memproses pembayaran menggunakan kartu adalah mesin EDC. 

Alat ini dapat memproses transaksi dengan memotong saldo dari rekening pemilik kartu. Ada banyak manfaat yang diperoleh pembeli dan penjual dengan memanfaatkan alat ini. Apa saja manfaatnya? Simak artikel berikut.

Manfaat Penggunaan Mesin EDC bagi Penjual


Menurunkan Risiko Terjadinya Penggelapan

Uang tunai yang tersedia di mesin kasir bisa mengundang tindak kejahatan. Terkadang ada petugas kasir yang bertindak curang dengan menggelapkan uang tunai di mesin kasir atau ketika transaksi. Tindak kejahatan tersebut dapat dipersempit kemungkinannya dengan pemakaian EDC. 

Mempermudah Ketika Melakukan Pembukuan

Proses pembukuan bisa sangat rumit dan menyita banyak waktu. Penggunaan mesin EDC dapat mempersingkat dan mempermudah proses pembukuan, sebab transaksi secara otomatis akan terekam dalam sistem pembukuan. Sehingga proses pembukuan dalam sehari sudah tersimpan dengan baik.

Tidak Perlu Menyediakan Banyak Uang Tunai

Pembayaran melalui mesin EDC akan dilakukan dengan memotong saldo rekening dari pembeli. Sehingga penjual hanya menyediakan uang tunai dalam jumlah mencukupi, untuk berjaga-jaga bila ada pembeli yang membayar dengan uang tunai. Petugas kasir juga dimudahkan karena tidak perlu dibuat repot dengan uang kembalian, lebih-lebih ketika jumlah uang kembalian cukup besar.

Transaksi Lebih Terawasi

Transaksi yang dilakukan dengan mesin EDC, jejak dan proses transaksinya dapat diawasi dan terekap dengan baik. Pengawasan tidak hanya dilakukan oleh petugas kasir atau pemilik bisnis, pengawasan juga dilakukan oleh bank yang menerbitkan mesin EDC. Bank dapat mengawasi transaksi dan mencegah transaksi yang dirasakan meragukan.

Manfaat Memakai Mesin EDC bagi Pembeli 


Tidak Perlu Membawa Banyak Uang Tunai

Membawa uang tunai dalam jumlah banyak cukup menyusahkan. Selain itu, membawa terlalu banyak uang tunai juga berisiko menjadi target tindak kejahatan. Hal ini bisa ditanggulangi dengan membawa kartu kredit atau debit sebagai alat pembayaran. Ketika transaksi pembeli cukup menggunakan kartu di mesin EDC untuk melakukan pembayaran.   

Transaksi Lebih Cepat dan Mudah

Ketika melakukan pembayaran dengan uang tunai, pembeli sering direpotkan dengan menghitung uang untuk pembayaran. Belum lagi jika pembeli harus memeriksa jumlah uang kembalian dalam bentuk receh. Penggunaan mesin EDC untuk pembayaran akan meminimalkan kerepotan, sehingga pembeli tidak perlu berlama-lama di kasir.

Proses pembayaran dengan mesin EDC tidak rumit. Pembeli cukup memasukkan PIN dan menyerahkan kartu untuk digesek. Kemudian menandatangani struk pembayaran. Proses ini singkat dan sangat menghemat waktu. 

Lebih Aman

Keamanan menjadi faktor penting dalam transaksi. Pembeli yang memanfaatkan mesin EDC sebagai sistem pembayaran akan terjamin keamanannya karena penggunaan PIN dan diawasi oleh bank. Pembeli hanya harus memastikan nomor PIN tidak bocor dan kartu diambil kembali setelah digesek oleh petugas kasir. 

Lebih Praktis dan Bisa Digunakan di Banyak Tempat

Ada kalanya nominal pembayaran yang harus dibayar pembeli berjumlah cukup besar. Terbayang betapa repotnya bila menghitung uang tunai dalam jumlah besar saat pembayaran. Dengan memakai EDC pembeli dapat membayar transaksi dengan nominal hingga jutaan selama saldo rekening mencukupi.

Mesin EDC sudah digunakan hampir di semua pertokoan atau pusat perbelanjaan. Ini tentu memudahkan pembeli dalam melakukan pembayaran di berbagai tempat perbelanjaan. Selain kemudahan akses mesin EDC, pembeli dapat dimudahkan ketika dihadapkan situasi genting, seperti tidak membawa uang tunai yang mencukupi untuk pembayaran.

Pembayaran melalui mesin EDC memberi banyak manfaat baik bagi penjual maupun pembeli. Manfaat yang didapat penjual yakni adanya pengawasan, terhindar dari kemungkinan adanya penggelapan, uang tunai untuk kasir tidak perlu terlalu banyak, dan memudahkan pembukuan. Untuk pembeli manfaat yang di dapat ialah lebih aman, praktis, efisien, dan memudahkan.

Mesin EDC sangat bermanfaat dan memudahkan penjual. Teknologi lain yang dapat pula memberi manfaat dan kemudahan bagi pengusaha adalah AIDC. Teknologi ini bisa berupa barcode, magnetic strip, dan RIFD. Teknologi ini sangat membantu dalam mengidentifikasi barang dan pendataan.