5 Fungsi Penting ID Card Design Untuk Perusahaan

post by admin on Oct 28th, 2018 under id card id card design aidc identitas karyawan

Kalau bicara mengenai ID Card design alias desain ID Card, memang bukanlah hal yang bisa diremehkan. Terutama jika Anda saat ini memiliki sebuah perusahaan besar dengan pengelolaan profesional, keberadaan ID Card dengan desain khusus untuk para karyawan sangat penting. Karena bagi sebuah perusahaan, ID Card alias kartu identitas memiliki peranan sangat besar.

Bukan cuma sebagai kartu pengenal belaka, ID Card yang diciptakan dengan sedemikian rupa dan memanfaatkan kemajuan teknologi mampu memiliki banyak sekali keunggulan. Berbagai keunggulan itu jika disematkan dalam ID Card design yang mumpuni jelas akan mampu mengangkat harga diri sebuah perusahaan. Seperti apa ulasan fungsi penting ID Card? Berikut ini yang layak Anda pahami.

Fungsi Luar Biasa ID Card Bagi Perusahaan


Kenali Identitas Karyawan

Dalam sebuah ID Card design, disematkan identitas si pemilik. Untuk ID Card perusahaan, akan ada informasi mengenai nama, jabatan hingga logo perusahaan. Hal ini jelas sangat membantu jika perusahaan Anda sudah sangat besar dan memiliki banyak divisi sehingga para karyawan bisa saling kenal. Dengan ID Card pula bisa dibedakan antara direksi, karyawan hingga keamanan supaya klien lebih nyaman.

Memberikan Kesan Profesional

Untuk bisa membuat perusahaan Anda terlihat begitu kredibel di mata klien, tentu harus memberikan kesan rapi. Salah satu usaha untuk tampil rapi bisa ditunjukkan lewat keberadaan ID Card. Apalagi jika Anda memilih ID Card design yang elegan, imej branding perusahaan bakal terasa jauh lebih profesional. Hal ini jelas menguntungkan kalau seandainya ada tamu yang berkunjung dan tak perli bingung.

Menjadi Alat Promosi

Jangan anggap remeh perihal ID Card design. Karena kalau Anda memang bersungguh-sungguh dalam mendesain-nya, ID Card perusahaan itu bisa menjadi alat promosi. Saat pegawai Anda melakukan kunjungan kerja, logo perusahaan akan dikenal siapapun lewat ID Card tersebut. Untuk itulah pemilihan warna, bahan kartu hingga jenis font sangat berpengaruh dalam menciptakan branding awareness.

Penerapan Akses Kontrol

Jika dulu ID Card cuma untuk kartu pengenal, perkembangan teknologi membuat ID Card bisa jadi penanda akses kontrol. Beberapa perusahaan besar memiliki ruangan-ruangan khusus yang hanya bisa diakses orang tertentu. 

Kini penerapan akses bisa dilakukan melalui ID Card design jenis proximity yang memiliki frekuensi khusus untuk membuka pintu atau juga menggunakan jenis magnetic stripe layaknya kartu ATM.

Fasilitas Untuk Karyawan

Semakin bonafid perusahaan, jelas akan banyak sponsor yang masuk. Keberadaan sponsor ini jelas menguntungkan karyawan karena biasanya mereka mendapatkan fasilitas khusus dari kerjasama sponsor ini. Beberapa contohnya seperti paket gym gratis, diskon makan hingga diskon belanja. Untuk bisa memperoleh diskon ini biasanya dalam ID Card disematkan QR Code/barcode agar mudah diakses.

Bicara soal QR Code, Barcode dan magnetic stripe, sebetulnya ketiga hal itu adalah bagian dari teknologi AIDC (Automatic Identification Data Capture). Saat ini hampir seluruh bisnis yang sudah maju dan berkembang akan menerapkan AIDC supaya bisa lebih modern dan efisien. Tak perlu bingung, di Indonesia ada seorang ahli AIDC yang menjadi solusi untuk kebutuhan ID Card yakni Hoan Dedei.

Pengusaha asal Jakarta berusia 38 tahun ini memang sudah dipercaya untuk jadi rujukan berbagai teknologi AIDC. Dengan bantuan Dedei yang saat ini mengelola sebuah blog pribadi, Anda bisa menciptakan ID Card design sesuai kebutuhan dan dilengkapi teknologi AIDC agar memiliki kesan profesional. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi Hoan Dedei, pakar AIDC asal Indonesia.