Apa Sih Itu Point Of Sales? Simak Penjelasan Berikut

post by admin on Oct 27th, 2018 under point of sales pos bisnis kasir mesin kasir aplikasi kasir

 Dalam dunia bisnis, point of sales atau biasa disingkat POS dapat diartikan sebagai tempat kasir. Dari nama tersebut, POS bisa disebut sebagai titik penjualan dan dilakukannya sebagai tempat transaksi. POS menjadi tempat transaksi dimana penjual dan pembeli melakukan pembayaran atas barang atau jasa yang diterimanya.

Kini, POS atau point of sales dapat digunakan sebagai lahan bisnis. Baik bisnis kecil maupun besar, penting sekali untuk mengetahui POS. Penasaran? Kok bisa hubungan antara POS dengan bisnis. Simak penjelasan berikut ini untuk membahas tentang POS lebih detailnya.

Fungsi dan Cara Memilih Point Of Sales (POS) Untuk Usaha


Fungsi POS Bagi Pemilik Usaha

POS dapat digunakan untuk mendata setiap transaksi secara lengkap dan lebih detail pada usaha sehingga dapat digunakan untuk menjumlahkan hasil penjualan pada beberapa periode yang ditentukan pemilik usaha. 

POS juga dapat digunakan untuk mengecek persediaan barang dimanapun secara acak, aktivitas ini sangat berguna untuk mengurangi kecurangan maupun kelalaian pemilik usaha maupun karyawannya.

Laporan hasil penjualan usaha juga bisa diketahui melalui POS secara online dan lebih real time. Jika Anda ingin merubah harga jual, dengan menggunakan POS juga lebih mudah dan cepat. Contohnya saja jika Anda menjual barang dan ingin mengikuti naik turunnya nilai tukar mata uang asing, Anda tinggal merubah berdasarkan kategori barang tanpa perlu menggantinya satu persatu.

Fungsi point of sales selanjutnya yaitu bisa digunakan untuk mencari informasi barang apa saja yang stok-nya sudah hampir habis, sehingga memudahkan Anda menyetok barang lagi dengan cepat. Proses transaksi yang dilakukan juga lebih cepat dan lebih nyaman dilakukan.

Cara Memilih Point Of Sales (POS) yang Tepat Untuk Usaha Anda

Sebelum Anda akhirnya memilih untuk membeli POS, pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui apa yang usaha Anda butuhkan sehingga Anda dapat mengoptimalkan pengeluaran. point of sales membutuhkan investasi yang tidak murah sehingga perlu pertimbangan, tipe apa yang sesuai dengan usaha yang Anda jalankan. 

Meskipun POS biasanya memiliki garansi, namun Anda harus tetap memperhatikan pemasangan alat, instalasi aplikasi, peningkatan software, dan juga bantuan untuk pemasangan. Hal diperlukan untuk memastikan sistem POS yang cocok untuk bisnis Anda. Untuk membeli POS, pastikan juga Anda membeli perangkat keras dan perangkat lunak.

Perangkat keras yang diperlukan seperti monitor, kursor yang ditempatkan di titik tertentu seperti di belakang meja layanan pelanggan, di belakang meja bar, dan tempat lain yang memungkinkan. Untuk perangkat lunak, meliputi seluruh program yang dibutuhkan dalam POS, laporan inventaris, finansial usaha, dan sistem lainnya yang mencakup kepuasan pelanggan.

Pastikan sistem point of sales yang akan digunakan juga memungkinkan untuk menyediakan laporan keuangan secara rinci, laporan yang memudahkan dengan berbagai istilah akuntansi membingungkan sehingga menjadi lebih mudah dimengerti. Jika telah tersedia laporan keuangan yang lengkap, Anda dengan mudah dapat menentukan langkah selanjutnya untuk menjalankan usaha.

Dalam memilih sistem POS, pastikan juga sistem yang ada ramah untuk digunakan, sehingga Anda tidak kesulitan dalam menjalankan segala programnya. Dukungan teknisi yang ahli juga diperlukan apabila Anda menemukan suatu kerusakan ataupun kesalahan dalam pengaturan.

Demikian penjelasan mengenai point of sales yang bisa dijadikan panduan bagi Anda perintis bisnis maupun yang sedang menjalankan bisnis. POS dengan segala kemudahannya dapat membantu Anda lebih cepat dalam menjalankan bisnis. Bisnis mudah dan lancar akan membantu Anda lebih cepat menghasilkan income.