5 Manfaat Anggur Bagi Kesehatan Tubuh Anda

post by admin on Jun 5th, 2018 under anggur
Pada zaman kuno, buah anggur merah serta olahannya sering dihidangkan bagi kaum bangsawan dan raja-raja. Kalau dulu anggur merah dikenal sebagai buah yang mewah, zaman sekarang ini anggur sudah bisa dibeli di pasar dengan harga yang wajar. Namun, pantas saja kalau anggur merah didaulat sebagai buah para raja. Ada segudang manfaat anggur merah yang bisa Anda dapatkan. Belum percaya? Ini dia macam-macam manfaat anggur merah bagi kesehatan Anda.  

Rutin makan buah anggur merah baik untuk menjaga kecantikan serta kesehatan Anda. Berikut adalah beragam manfaat anggur merah yang sayang dilewatkan.

1. Mencegah kanker
Anggur merah kaya akan kandungan resveratrol, yaitu sejenis antioksidan yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kandungan ini juga baik untuk menghalau radiasi berbahaya seperti sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) dari sengatan matahari. Paparan radiasi tersebut berisiko menyebabkan kanker kulit.  

2. Melawan penuaan dini
Kandungan antioksidan dalam anggur merah berfungsi untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas berasal dari polusi, bahan kimia dari makanan atau produk perawatan kulit, atau dari rokok. Radikal bebas akan merusak dan membunuh berbagai sel dalam tubuh. Kerusakan sel inilah yang bisa menyebabkan penuaan dini. Gejalanya antara lain kulit keriput, rambut beruban, atau tulang keropos.

3. Menjaga kesehatan otak
Manfaat anggur merah juga bisa dirasakan oleh otak Anda. Revesratrol dalam anggur merah mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Darah dibutuhkan otak sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, sebuah penelitian di Jerman membuktikan bahwa revestratrol bisa membantu memperkuat daya ingat manusia.

4. Meredakan gejala alergi dan peradangan
Anggur merah memiliki sifat antiperadangan antihistamin. Maka, buah ini baik dikonsumsi Anda yang sedang sakit karena radang seperti radang paru, radang tenggorokan, atau radang usus buntu. Sementara itu, antihistamin dibutuhkan oleh tubuh ketika histamin (zat alami yang diproduksi sistem kekebalan tubuh manusia) bereaksi secara berlebihan. Reaksi histamin bisa memunculkan gejala alergi.

5. Menyeimbangkan kadar kolesterol
Buah ini berkhasiat untuk menyeimbangkan kadar kolesterol berkat kandungan saponin. Zat ini bisa menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah. Dengan begitu, kadar kolesterol Anda pun tetap seimbang. Kadar kolesterol seimbang bisa menjauhkan Anda dari penyakit seperti obesitas dan penyakit jantung.